Wednesday, October 15, 2014

Video Tutorial Browsing Offline dengan Google Chrome

Pagi ini jam 08.15 Ary datang ke warnet saya. Rumahnya memang dekat dengan warnet saya. Ari datang seperti biasanya membawa laptop miliknya. Kebiasaannya memang dia mengakses internet via wifi di warnet saya. Biasanya Ary menggunakan internet di tempat saya dari pagi sampai sekitar jam 11, karena jadwal Ary yang kelas XI SMA ini kebagian sekolah siang. Selain bermain game atau mendownload di internet, Ary sering browsing untuk mencari informasi atau bahan untuk mengerjakan tugas-tugas pelajaran sekolahnya. Dan kebiasannya juga dia sering menyimpan halaman website yang dia akses di warnet untuk dibaca lagi di rumahnya, karena kebetulan di rumahnya tidak ada akses internet.

Sambil ngobrol, saya coba share ke Ary tentang cara lain brosing dengan browser secara offline. Kebetulan Ary sudah terbiasa menggunakan Mozilla Firefox, hari ini saya contohkan dengan browser Google Chrome saja. Karena ada perbedaan cara browsing secara offline pada Mozilla Firefox dengan pada Google Chrome. Mozilla Firefox masih bisa melakukan offline browsing untuk membuka halaman web yang kita Save di komputer.


Jika kita menggunakan Google Chrome pada saat tidak ada jaringan internet, maka biasanya muncul pesan error dengan gambar dinosaurus.

Ada cara mudah untuk melakukan browsing offline dengan menggunakan Google Chrome. Langkahnya sebagai berikut:
  • Buka halaman website dengan Google Chrome
  • Buka tab baru lalu ketik chrome://flags di kolom address
  • Cari dengan Ctrl+F lalu ketikan "Enable Offline Load Stale Button"
  • Pilih dan klik Enable pada opsi
  • Relaunch atau restart Google Chrome
  • Coba lakukan browsing offline


















Terlihat perbedaannya setelah dilakukan "Enable Offline Load Stale Button". Pada saat kita offline, klik saja Show saved copy untuk menampilkan halaman web dari local cache.

Langkah-langkah cara browsing offline dengan menggunakan Google Chrome untuk Ary ini saya rekam dan saya upload ke Youtube, mudah-mudahan video turorialnya bisa bermanfaat juga bagi orang lain.

No comments:

Post a Comment