Friday, October 24, 2014

Cara Mengatasi Gangguan Speedy Hari Ini

Beberapa hari ini koneksi internet Speedy di tempat saya sering gangguan. Browsing lambat, loadingnya lama, download sering gagal, nonton video youtube atau video streaming yang lain putus-putus. Mungkin Anda yang juga berlangganan internet TelkomSpeedy pernah mengalami gangguan koneksi seperti ini, dan segera melapor atau komplain ke Telkom terdekar atau menghubungi call center 147.

Sebenarnya ada langkah-langkah mudah yang bisa kita lakukan untuk mengecek letak error sebelum kita melaporkan gangguan ke Telkom. Maksudnya supaya yakin apakah gangguan ada di jaringan TelkomSpeedy atau ada masalah dengan perangkat kita sebagai pelanggan.

Seperti yang saya lakukan, cara mengecek dan mengatasi gangguan Speedy hari ini;

Pengecekan koneksi ke server Speedy dengan mengetikkan perintah pada command prompt: ping -t 222.124.204.34. Ini dimaksudkan mengecek koneksi dengan mengirimkan paket data dari komputer kita ke server DNS Speedy. Jika hasilnya "Reply from 222.124.204.34" artinya koneksi terhubung, jika hasilnya "Request time out" artinya koneksi gagal.
Pengecekan koneksi dari komputer ke modem, dengan mengetikkan ping -t 192.168.1.1 (IP default modem ADSL dari Telkom)

Silahkan lihat langkah-langkahnya pada video di bawah ini.



Dengan melakukan pengecekan seperti langkah-langkah di atas, Anda bisa melaporkan gangguan Speedy ke Telkom dengan memiliki informasi yang jelas tentang letak error gangguannya ada dimana. Ini akan mempercepat analisa gangguan yang dilakukan teknisi Speedy.

Mudah-mudahan tutorial cara mengecek dan mengatasi gangguan Speedy hari ini, bisa bermanfaat dan membantu Anda.

No comments:

Post a Comment