Monday, October 20, 2014

Cara Menghilangkan Internet Positif Site Block

Tadi siang, Sandi adik teman saya datang ke rumah menanyakan masalah koneksi internet di rumahnya. Dia menggunakan akses internet TelkomSpeedy. Beberapa hari ini dia tidak bisa mengakses beberapa website yang biasa dia buka sehari-hari. Alamat website yang dibuka selalu dialihkan ke halaman Site Block Internet Positif.

Saya bilang sebenarnya itu bukan pesan error, tapi memang DNS TelkomSpeedy menggunakan filter Internet Positif ini dengan tujuan yang baik misalnya filter terhadap konten internet yang mengandung unsur Pornografi, Judi, Phising, SARA atau proxy. Meskipun begitu memang ada cara menghilangkan Internet Positif.

Tapi Sandi tidak setuju dengan pendapat saya karena dia hanya mengakses website anime 'manga naruto' atau dia hanya membaca konten seperti komik online. Akhirnya saya jelaskan bahwa mungkin konten kartun, komik atau anime tersebut juga mengadung unsur negatif seperti yang difilter oleh Internet Positif.

Link pencarian 'manga naruto' paling atas selalu dialihkan ke halaman Internet Positif.
Kemudian saya jelaskan lagi sebenarnya kita bisa saja mengganti IP DNS bawaan Speedy. Kita bisa edit secara manual DNS pada Network Connection di komputer kita dan menggantinya dengan DNS lain seperti DNS Google.

Ganti IP DNS TelkomSpeedy dengan DNS Google 8.8.8.8 dan 8.8.4.4

Setelah dicoba lagi searching 'manga naruto' di Google, websitenya bisa dibuka.

Berikut ini capture atau rekaman Cara Menghilangkan Internet Positif Site Block ketika saya menjelaskan ke Sandi. Mudah-mudahan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment