Friday, October 24, 2014

Mengatasi Hasil Print Putus-Putus Bergaris pada Epson L110

Penyebab hasil print putus-putus atau bergaris biasanya disebabkan oleh tidak lancarnya aliran tinta dari catridge pada saat proses pencetakan. Cara kerja printer memang seperti menyemprotkan atau meneteskan cairan tinta pada permukaan kertas melalui head catridge. Penyebab tidak lancarnya aliran tinta mungkin karena permukaan head catridge kering atau tersumbat oleh sisa tinta yang mengering. Oleh karena itu pemilihan penggunaan tinta sebaiknya menggunakan tinta original. Meskipun kita menggunakan tinta original tetap saja gangguan hasil print putus-putus atau bergaris bisa terjadi yang disebabkan masuknya debu ke area catridge atau printer jarang digunakan dan kurangnya perawatan. Seperti masalah pada printer Epson L110 yang saya gunakan sehari-hari.

Untuk mengatasi hasil print putus-putus atau bergaris pada Epson L110 biasanya saya hanya menggunakan fasilitas Maintenance pada menu Printing Preferences . Untuk menggunakan software resetter yang bisa didownload dari internet tidak saya sarankan, terlalu beresiko karena harus dilakukan oleh teknisi ahli printer.
























Berikut ini video tutorial mudah cara mengatasi hasil print putus-putus pada Epson L110 dengan melakukan Maintenance, Head Cleaning, Noddle Check, Paper Guide Cleaning.




Cara melakukan perawatan printer pada video di atas secara konsep sebenarnya bisa diterapkan pada printer lain seperti Canon, HP, Brother atau printer merk lain. Mudah-mudahan video tutorial mudah cara mengatasi hasil print putus-putus bergaris pada Epson L110 ini bermanfaat.

3 comments:

  1. Test komentar untuk artikel tutorial mengatasi hasil print putus-putus bergaris pada Epson L110

    ReplyDelete
  2. Contoh komentar dengan Anonymous seperti di atas tidak diijinkan lagi untuk menghindari spam supaya bisa terjalin komunikasi yang baik.

    ReplyDelete
  3. Maaf...
    Sy sdh melakukan tutorial di atas n msh tetap putus2
    Katny temen q harus gnti head printer
    Apa ada cara lain mohon solusinya...
    Terima kasih

    ReplyDelete