Friday, October 17, 2014

Cara Membuat Installer Windows di Flashdisk

Menginstal ulang komputer kadang-kadang menjadi solusi terakhir ketika kita bermasalah. Untuk melakukan reinstall pada komputer dengan sistem operasi Windows kita harus menyiapkan sebuah installer. Untuk menginstall Windows pada netbook yang tidak dilengkapi dengan CD/DVD ROM kita bisa menggunakan CD/DVD ROM eksternal atau menggunakan flashdisk sebagai Windows installer.

Untuk membuat installer Windows di flashdisk drive kita bisa menggunakan software Rufus dan menyiapkan file .iso Windows. File .iso untuk Windows XP, Windows 7 atau Windows 8 bisa kita buat dari CD master Windows dengan bantuan software image burner seperti PowerISO.

Cara membuat installer Windows di flashdisk dengan menggunakan Rufus ini mudah sekali, sebagai contoh pada tutorial ini menggunakan sebuah flashdisk drive berkapasitas 2G, cukup untuk membuat sebuah installer Windows XP. Butuh flashdisk dengan kapasitas minimal 4G atau lebih aman minimal 8G untuk flashdisk installer Windows 7 atau Windows 8.


Pada format option Create a bootable disk using ISO Image dan masukan file .iso Windows yang sudah disiapkan di komputer.



Pada opsi partition scame and target system type pilih saja for BIOS or UEFI computer, untuk Windows XP sebenarnya tidak berlaku UEFI, UEFI berlaku untuk Windows 7 atau Windows 8. 

Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) adalah standar baru firmware interface untuk PC yang didesain untuk menggantikan BIOS (Basic Input/Output System). Beberapa komputer keluaran baru banyak yang mengharuskan format partisi UEFI ini pada setting BIOS-nya.

Klik Start dan tunggu sampai selesai. Klik Done. Installer Windows di Flashdisk sudah siap digunakan dan bootable untuk reinstal komputer Anda. Jika kita lihat dengan Windows explorer, isi file dalam flashdisk installer tampak seperti di bawah ini.

Untuk lebih jelas, silahkan lihat video tutorial Cara Membuat Installer Windows di Flashdisk dengan Rufus yang sudah saya rekam dan upload ke Youtube.Cara ini berlaku jika Anda membuat installer Windows XP, Windows 7 atau Windows 8.

No comments:

Post a Comment